Intip Riwayat Pendidikan dan Karier Maudy Ayunda, sejak Kecil Sekolah di Tempat Elit

Aktris Maudy Ayunda pekan ini ramai dibicarakan usai menikah dengan pria kelahiran Korea Selatan, Jesse Choi pada 25 Mei 2022. Menariknya, pasangan tersebut rupanya bertemu saat keduanya menempuh pendidikan di Universitas Stanford, Amerika Serikat.

Ya, sebagai alumni universitas yang namanya mentereng, Maudy bisa dibilang sebagai inspirasi. Apalagi, pendidikan sarjana yang ditempuh Maudy juga dia dapatkan di universitas bergengsi di Inggris, yakni Oxford.

Untuk mengetahui lebih lanjut riwayat pendidikan Maudy, berikut celebrities.id rangkum informasinya yang dihimpun dari berbagai sumber, Jumat (27/5/2022) untuk Celeb Hitz.

Profil Maudy Ayunda

Maudy Ayunda rupanya tidak hanya kuliah di dua universitas bergengsi dunia. Sejak kecil, dia mendapatkan fasilita pendidikan terbaik di sekolah-sekolah elit.

Perempuan bernama lengkap Ayunda Faza Maudya ini lahir 19 Desember 1994. Dia adalah putri sulung dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko.

Maudy memiliki adik bernama Amanda Khairunnisa yang juga telah beberapa kali tampil sebagai aktris film. Kampus sang adik pun tak kalah bergengsi, dia sekolah di King's College London!

Sejak kecil, Maudy sudah hobi membaca. Rupanya, hal itu dipengaruhi dari kebiasaan belajar membaca sejak usia tiga tahun.

Riwayat Pendidikan Maudy Ayunda

Pemeran Kugy dalam film Perahu Kertas itu menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Al-Azhar hingga kelas dua. Kemudian, Maudy pindah ke Sekolah Interkultural Mentari hingga lulus SMP.

Saat pindah ke sekolah internasional tersebut, Maudy sempat terkendala bahasa. Pasalnya, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa pengantar dan komunikasi dalam sehari-hari. Sementara dia sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia dan Jawa.

Setelah lulus SMP, perempuan yang disapa Mod itu melanjutkan SMA di British School Jakarta. Hebatnya, Maudy juga aktif di kegiatan sekolah, bahkan sempat menjabat sebagai Ketua OSIS, lho.

Lulus SMA, Maudy Ayunda melanjutkan studi ke Oxford University, Inggris. Jurusan yang diambil pun bukan main-main; Philoshopy, Politics, and Economics (PPE). Studinya dimulai pada September 2013 dan lulus pada 2016. Maudy lulus tepat waktu dan cumlaude!

Pada 2019 pelantun tembang Tiba-Tiba Cinta itu melanjutkan kuliah S2 di Stanford University. Sebelum memutuskan kuliah di Amerika Serikat, rupanya Maudy sempat bingung karena diterima juga di Universitas Harvard Inggris.

Maudy lulus dari Stanford University tahun 2021 dengan gelar ganda yakni untuk jurusan bisnis (M.B.A) dan pendidikan (M.A).

Perjalanan Karier dan Prestasi Maudy Ayunda

Saat di bangku SD itu, Maudy juga debut di dunia hiburan melalui film Untuk Rena yang produksi Miles Film pada 2005. Setelah itu, dia berlanjut membintangi beberapa film seperti Perahu Kertas (2012), Refrain (2013) dan Habibie & Ainun 3 (2019).

Sementara pada 2011 dia merilis album pertamanya bertajuk Pangil Aku dengan singel hits berjudul 'Tiba-tiba Cinta Datang'.

Sejak itu dia sudah merilis tiga album yaitu, Panggil Aku (2011), Moments (2015) dan Oxygen (2018), serta dua album mini My Hidden Collection (2013) dan The Hidden Tapes: Vol 1 (2021).

Setelah penampilannya di film Untuk Rena, Maudy sempat berhenti sejenak dari dunia hiburan fokus ke pendidikannya.

Selain membangun karier di dunia hiburan, dia juga aktif di dunia sosial, politik, dan ekonomi Indonesia, khususnya sebagai upaya untuk memberikan dampak langsung terhadap kehidupan anak muda.

Tahun 2015, dia ditunjuk untuk mendampingi PM Inggris, David Cameron saat mengunjungi Jakarta.

Di tahun yang sama, Maudy juga sempat menjadi pembicara termuda di Forum Ekonomi Global 2015. Kemudian, tahun berikutnya yakni pada 2016 dia dipilih oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia sebagai Wanita Inspiratif Indonesia.

Maret 2017, dia juga ditunjuk sebagai juru bicara melawan perbudakan modern di Istana Wakil Presiden. Melalui karyanya, Maudy mengenalkan kepada penggemarnya dengan realitas perbudakan modern dan menggunakan platform media sosialnya untuk mempromosikan hal itu.

Maudy Ayunda juga terpilih dalam 30 Under 30 oleh Forbes Indonesia di kategori Art, Style, and Entertainment di tahun 2020 sebagai aktris yang inspirasional, serta masuk dalam "30 Under 30" versi Forbes Asia pada kategori Entertainment & Sports.

Terbaru, pada Maret 2022, Maudy ditunjuk sebagai juru bicara pemerintah Indonesia untuk presidensi KTT G20 yang diselenggarakan di Bali pada November 2022.

Kisah Asmara Maudy Ayunda yang Berlabuh dengan Jesse Choi


Teranyar, Maudy Ayunda menikah dengan Jesse Jiseok Choi, seorang pengusaha keturunan Korea berkebangsaan Amerika Serikat.

Jesse memutuskan menetap di Indonesia sejak akhir 2021 dan menjadi mualaf pada Maret 2022.

Akad nikah keduanya berlangsung khidmat pada 22 Mei 2022 di kediaman Maudy Ayunda yang terletak di Cilandak Barat, Cilandak, Jakarta Selatan. Pernikahannya yang tampak jauh dari kesan glamor itu juga menginpsirasi banyak orang. Apalagi, dia tidak mengumbar kemesraaan pada publik sebelum sah menjadi istri dari sang kekasih.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads