Viral Lagi, Oknum Terduga Nakes Julid ke Pasien Wanita karena Diyakini Pakai Susuk, Publik Ingatkan Kode Etik


Seorang oknum terduga tenaga kesehatan alias nakes kembali menjadi viral. Kali ini, oknum nakes memberikan kalimat tak pantas dan julid kepada pasien wanita.

Hal itu diketahui usai akun @JennyJusuf di jejaring media sosial Twitter, mengunggah foto tangkapan layar video TikTok oknum nakes tersebut.

Dalam foto itu, terlihat seorang wanita yang diduga warganet berprofesi sebagai radiografer.

Wanita berhijab coklat tersebut tampak tersenyum dan memberikan narasi bahwa dirinya bertemu dengan pasien perempuan.

Sosok pasien itu sempat membuat oknum nakes itu kagum dengan wajahnya yang rupawan.

"Pernah ketemu pasien cewek, pas pertama kali lihat masuk ke ruangan wow "cantik" banget," tulisnya di keterangan video dikutip Beritahits.id, Kamis (02/06/2022).

Lalu, oknum nakes itu kini terlihat berdiri dengan wajah garang dan tangan terlipat di depan dada.

Oknum nakes itu lalu seakan mengolok-olok si pasien perempuan karena hasil yang ditemukan dari catatan medisnya.

"Eh pas lihat hasil rontgennya ternyata ada susuknya," ungkap si oknum nakes.

Kejulidannya tak sampai di situ saja, oknum nakes itu kemnbali melontarkan olokan yang ditujukkan kepada si pasien.

"Seketika cantiknya langsung hilang dan pas dilihat lagi mukanya biasa aja. Auranya enggak ada sama sekali," kata si oknum nakes.

Konten video TikTok oknum terduga nakes itu pun sontak menuai tanggapan dari penulis skenario ternama di Indonesia, Jenny Jusuf.

Jenny Jusuf menungkapkan bahwa dirinya kesal melihat tayangan konten serupa.

"Pegel liat konten nakes-nakes macam ini. Gak dicari pun muncul di FYP saking banyaknya. Kalian bukan curhat, bukan sharing," tulis @JennyJusuf.

"Kalian sedang bergosip, dengan objek pasien yang butuh layanan kesehatan. Butuh dirawat sampai sembuh. Bukan diolok-olok, dihakimi, dipandang sebelah mata," lanjutnya.

Cuitan itu sontak viral dan dibanjiri beragam tanggapan dari warganet.

Kolom komentar pun penuh dengan warganet yang tak habis pikir dan kembali mengingatkan kode etik privasi nakes.

"Pernah nemu satu profesi yang udah disumpah, tapi malah enggak profesional sama sekali. Malah menyalahi kode etik, mau heran tapi negeri wakanda," komentar @Sang****.

"Padahal ada yang namanya kode etik profesi, ada kewajiban nakes dalam menjaga kerahasiaan medis dari pasien. Sekalipun enggak nyebut identitas, tapi tetep aja ini enggak sesuai kode etik," tulis @baby****.

"Padahal di kode etik dan saat sumpah profesi udah jelas bahwa enggak boleh membocorkan data pasien kecuali keperluan kesaksian umum. Kayaknya pada bolos pas matkul kode etik dan enggak ikut sumprof ini mbak-mbak yah cringe kek gini," ungkap @gabut***.

"Meresahkan orang-orang seperti ini. Gak bisa jaga privasi dan aib seseorang, semoga aja aib mereka nggak dipermalukan suatu saat nanti deh. Eh tapi sebenernya mereka ini lagi pamer aib sendiri juga sih dengan ngepost begitu ups," timpal @sibu***.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads