Deddy Corbuzier Singgung Rendahnya IQ Masyarakat Indonesia, Memang Rata-rata Nilainya Berapa?

Deddy Corbuzier ungkap nilai rata-rata IQ masyarakat dan mengaitkannya dengan perilaku netizen Indonesia di media sosial.

Hal ini ia ungkap di podcast miliknya, saat berbincang dengan orangtua Shabira Alula atau Lala TikTok, Adnan Fahmi dan Ochi Febrina.

"Anda tahu rerata IQ orang Indonesia nggak?" tanya Deddy kepada Ochi, dikutip suara.com, Jumat (25/11/2022).

Ochi yang ragu dengan jawaban, menduga nilai IQ atau intelligence quotient rata-rata orang Indonesia mencapai 90 hingga 100. Tapi jawaban itu dibantah Deddy, karena mendapati riset IQ masyarakat Indonesia berada di kisaran 70 hingga 80.


"(IQ rata-rata orang Indonesia) 70 sampai 79 berapa gitu. Oh itu riset loh, kita bicara riset. Jadi kalau Anda ribut dengan netizen-netizen nggak benar, saya anggapnya begitu aja udah," ungkap Deddy.

IQ sering dianggap sebagai ukuran mutlak untuk menilai tingkat kecerdasan seseorang. Seseorang dikatakan jenius jika memiliki nilai IQ lebih dari 120 hingga 130. Sedangkan tes IQ adalah penilaian mengukur kemampuan kognitif dan memberikan skor kemampuan dan potensi intelektual seseorang.

Tapi riset yang mana sih yang dibicarakan lelaki yang akrab disapa Om Deddy itu?

Ternyata riset ini disebutkan dalam data World Population Review 2022 yang menunjukan, nilai rata-rata IQ Indonesia cukup rendah dibandingkan negara lainnya, dengan skor 78,49.

Dengan skor ini, membawa Indonesia di urutan 130 dari total 199 seluruh negara di dunia. Nilai IQ ini didapatkan dengan membandingkan total jumlah penduduk yang sangat banyak yakni lebih dari 275 juta, sebagai negara ke-4 dunia dengan penduduk terbanyak.

Data nilai IQ rata-rata masyarakat Indonesia ini, hanya satu tingkat di atas Papua Nugini dengan IQ 78,49, dan dua tingkat di atas Timor Leste dengan IQ 78,49, dan tiga tingkat di atas Ecuador dengan IQ 78,26.

Sementara itu negara di dunia dengan pemilik rata-rata IQ tertinggi adalah Jepang, dengan nilai 106,48 dari lebih dari 123 juta penduduknya.

Disusul Taiwan dengan nilai IQ 106,47 dari lebih dari 23,8 juta penduduk. Ketiga Singapura dengan nilai 105,89 dari lebih dari 5,9 juta penduduk.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads