Sambut Hari Pahlawan, Potret Baim Wong Dan 9 Artis Ini Bisa Jadi Inspirasi Kala Kenakan Baju Pejuang

Memperingati Hari Pahlawan Yang Jatuh Pada Tanggal 10 November, Biasanya Masyarakat Akan Secara Khusus Memakai Busana Pejuang Termasuk Para Selebriti. Simak Berikut Potretnya Yang Bisa Juga Menjadi Inspirasi!
10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, dimana sebagai pengingat pada perjuangan para pahlawan di masa lampau. Peran mereka begitu berdampak besar untuk kemerdekaan Indonesia. Untuk menghormati jasa mereka, pemerintah mengabadikan nama-nama pahlawan sebagai nama jalan serta membangun monumen.

Memperingati Hari Pahlawan, biasanya masyarakat akan secara khusus memakai busana pejuang. Karena momen peringatan Hari Pahlawan sangat spesial, orang-orang akan selalu menyiapkan yang terbaik untuk merayakannya. Di hari penting yang hanya datang sekali setiap tahun ini mereka harus memberikan penampilan yang berkesan tentunya.

Deretan artis ini bisa menjadi inspirasi bagi kalian yang kebingungan tentang baju pejuang untuk merayakan Hari Pahlawan. Style mereka ketika cosplay menjadi pahlawan bisa banget untuk ditiru. Simak berikut ini:

1. Dian Sastro


Dian Sastro merupakan salah satu pecinta busana tradisional. Ia sering melakukan pemotretan dengan atau dalam keseharian memakai kebaya. Bintang film "Ada Apa dengan Cinta" ini memakai busana Cut Nyak Dien, pahlawan perempuan Aceh. Dian memakai busana Aceh warna gelap serta rambutnya digelung. Diketahui Dian Sastro sendiri memiliki darah pahlawan di mana ia merupakan cucu keponakan rof. Mr Sunario Sastrowardoyo, salah satu tokoh penting dalam Sumpah Pemuda karena perannya sebagai penasihat panitia Kongres Pemuda II di tahun 1928.

2. Adipati Dolken


Banyak sejarah yang telah diangkat menjadi sebuah film, salah satunya ialah "Jenderal Soedirman". Film ini merupakan biopik Indonesia tahun 2015 yang menceritakan tentang Jenderal Soedirman, pemimpin perang gerilya yang mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia walaupun menderita penyakit paru-paru. Adipati Dolken berkesempatan memerankan Jenderal Soedirman dan memakai busana tentara khas Pahlawan Nasional asal Purbalingga itu.

3. Yuni Shara


Menyambut kemerdekan Indonesia pada 17 Agustus 2022, Yuni Shara memilih memakai kostum pejuang. Kakak Krisdayanti ini memakai busana serba cokelat dilengkapi dengan topi berwarna cream tidak ketinggalan ada juga bendera merah putih di sebelah kanan topi. Yuni terungkap melakukan pemotretan dengan Memes, Ita Purnamasari, Vina Panduwinata, dan Trie Utami. Rupanya pemotretan itu dilakukan dalam dalam rangka pembuatan video klip lagu berjudul "Satria Indonesia".

4. Baim Wong


Dalam film "Jenderal Soedirman", Baim Wong bermain sebagai Soekarno. Dalam penampilannya, ia memakai baju khas mantan presiden Soekarno yang berwarna putih lengkap dengan pecinya. Baim sempat menuturkan bahwa memerankan Presiden pertama Indonesia itu merupakan tantangan besar baginya walau adegannya tidak terlalu banyak. Sahabat Raffi Ahmad ini sebelumnya diketahui juga sempat memerankan Soekarno saat di "Ketika Bung di Ende".

5. Lukman Sardi


Lukman Sardi merupakan salah satu aktor kawakan Indonesia yang bermain genre banyak film. Salah satunya ia sempat bermain sebagai K.H. Ahmad Dahlan, Ulama Besar bergelar Pahlawan Nasional Indonesia yang merupakan pendiri Muhammadiyah di film "Sang Pencerah". Lukman memakai busana khas tokoh agama di era 90-an. Salah satu adegan yang berkesan adalah saat Ahmad Dahlan menjelaskan esensi agama kepada muridnya. Tak dengan kata-kata, tetapi lewat musik, permainan biola.

6. Ikranegara


Selain Lukman Sardi, Ikranegara juga dapat memerankan tokoh agama di film. Ia bermain sebagai lama besar bergelar pahlawan nasional dan merupakan pendiri sekaligus Rais Akbar Nahdlatul Ulama di film "Sang Kyai". Ikranegara mengenakan busana muslim serta sorban ikonik. Ikranegara sempat merasa takut ketika pertama kali menerima tawaran tersebut. Namun, ia tetap berusaha buat memberikan yang terbaik. Demi perannya ini, Ikranegara bersama para pemain lain melakukan observasi ke pesantren yang didirikan K.H. Hasyim di Tebuireng.

7. Ario Bayu


Soekarno merupakan tokoh Indonesia yang cukup sering difilmkan karena peran penting yang pernah dibuatnya. Selain Baim Wong, Ario Bayu juga sempat memerankan presiden pertama Soekarno di "Soekarno: Indonesia Merdeka". Ario Bayu memakai busana khas Soekarno serta dalam keseharian kerja sang proklamator. Film ini sendiri disutradarai oleh Hanung Bramantyo.

8. Christine Hakim


Christine Hakim sempat memerankan tokoh Cut Nyak Dien di "Tjoet Nja' Dhien" tahun 90-an. Berbeda dengan Dian Sastro, ia memakai busana Cut Nyak Dien dengan penutup kepala. Dosen Sejarah Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Adli Abdullah menjawab tentang hal ini. Menurutnya sejak dulu penutup kepala Cut Nyak Dhien hanya sehelai selendang. Karena era peradaban tatanan kehidupan sosial masa itu, setiap wanita menutup kepala dengan sehelai kain.

9. Julia Perez Dan Ayu Ting Ting


Merayakan Hari Pahlawan, mendiang Julia Perez memakai busana khas tentara sipil tempo dulu. Tak sendiri, ia bersama Ayu Ting Ting. Keduanya juga memberikan pose hormat. "BANGSA YG BESAR ADALAH BANGSA YG MENGHARGAI JASA PAHLAWANYA🙏🏻 #selamatharipahlawan #merdeka 🇮🇩" tulis Jupe d keterangannya.

10. Reza Rahadian


Reza Rahadian cukup sering memerankan tokoh penting Indonesia. Selain memerankan B. J. Habibie, Reza juga bermain sebagai tokoh pahlawan nasional Tjokroaminoto di film "Guru Bangsa: Tjokroaminoto". Reza memakai busana khas sang pahlawan serta dengan kumis. Selain Reza, "Guru Bangsa: Tjokroaminoto" juga dibintangi oleh Christine Hakim, Alex Abbad, Maia Estianty, Alex Komang dan Ibnu Jamil.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads