Petugas Kereta di Belanda Fasih Berbahasa Jawa, Ternyata Blasteran Solo Flores

Cukup mengejutkan jika bertemu dengan orang tidak dikenal di negara asing yang ternyata fasih berbahasa daerah di Indonesia.

Sebuah video yang diunggah oleh akun TikTok @narasi.nara memperlihatkan seorang petugas kereta api di Belanda yang fasih berbahasa Jawa karena merupakan keturunan Indonesia.

Pria tersebut mengatakan bahwa orang tuanya merupakan orang Indonesia. Sang bapak dari Solo sedangkan ibunya asli Flores. Berikut ulasannya.

Petugas Kereta di Belanda Fasih Berbahasa Jawa


Sebuah video memperlihatkan seorang petugas kereta api yang ada di Belanda sedang berbicara bahasa Jawa dengan dua mahasiswa asal Indonesia.

Di video tersebut, petugas kereta api itu berdiri dengan mengenakan baju berwarna biru dan membawa sebuah HT di pinggangnya.

Ia menjelaskan kepada kedua mahasiswa tersebut bahwa ia merupakan orang asli Indonesia yang lahir di Belanda dan sampai sekarang memutuskan untuk tinggal di Belanda.

Keturunan Solo Flores


Pria petugas kereta api tersebut menjelaskan bahwa ia adalah generasi kedua orang Indonesia yang pindah ke Belanda.

Ia merupakan putra dari ibu yang berasal dari Flores dan ayah yang merupakan warga asli Solo.

“Ibukku asline soko Flores, bapakku wong Solo, aku lahir ning kene (ibu saya asli dari Flores, bapak saya orang Solo, saya lahir di sini)” ujar petugas kereta tersebut.

Kakek Nenek di Solo


Meskipun orang tuanya sudah memutuskan untuk tinggal di Belanda, namun kakek dan nenek petugas kereta api tersebut masih menetap di Solo.

“Umur telu opo limang tahun, ning Indonesia. Sekolah ning kene. Cilik sering ning kono. Opa oma jek ning kono (umur tiga atau lima tahun ke Indonesia. Sekolah di sini. Waktu kecil sering ke sana. Opa oma masih di sana)” lanjut petugas kereta tersebut.

Video Petugas Kereta Api Belanda Berbahasa Jawa

Video petugas kereta Api Belanda fasih berbahasa Jawa tersebut kemudian viral dan mendapatkan berbagai reaksi dari warganet.

Berikut ini adalah videonya:

Di Belanda sangat banyak warga keturunan Indonesia yang masih lancar berbahasa Jawa. Bapak ini saksi hidup menunjukkan banyaknya perspektif pada sejarah bangsa kita di masa lalu.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads