Jadi tukang bangunan di Brunei Darussalam, ternyata upah sehari bisa sampai segini?


 Pekerjaan menjadi tukang bangunan merupakan pekerjaan yang terbilang berat.

Seperti diketahui bahwa menjadi tukang bangunan harus memang kuat secara fisik karena harus bekerja dari mulai mengaduk semen hingga pasang bata dan lain-lain.

Namun, mungkin perkiraan orang-orang pekerjaan dengan menggunakan otot (tukang bangunan) tersebut akan digaji secara setimpal sesuai pekerjaannya tersebut.

Akan tetapi, pasti setiap daerah berbeda-beda dalam mendapatkan upahnya.

Setiap daerah saja berbeda-beda apalagi setiap negara-negara yang ada di dunia.

Apabila menilik dari gaji sebagai tukang bangunan ketika melihat tukang bangunan di tanah air pun hanya mencapai Rp75.000-Rp100.000.

Lantas, berapakah nominal yang didapat menjadi tukang bangunan di Brunei Darussalam.

Melansir dari kanal YouTube Wong Welet tanggal 18 Oktober 2023, ada perbincangan anatara konten kreator dengan TKI asal Tulung Agung Indonesia yang menjadi tukang bangunan di negara Brunei Darussalam.

Bahwa menurut TKI asal Tulung Agung tersebut bahwa di Brunei Darussalam bekerja menjadi tukang bangunan memiliki dua sistem cara kerja seperti yang disebutkannya ada sistem company dan bebas.

Kemudian Dwi mengatakan bahwa,"sistem kerjanya ada sistem company dan bebas. Kalau bebas pilih sana sini bebas gajinya juga lebih besar dan lebih mahal,"ujar Dwi tukang bangunan asal Tulung Agung yang diwawancarai oleh konten kreator dengan akun YouTube bernama Wong Walet.

Berdasarkan keterangan dari tukang bangunan asal Tulung Agung yang bekerja di Brunei darussalam masing-masing bernama Dwi dan Salam, mengatakan bahwa gajinya tergolong besar karena termasuk jadi tukang bangunan dengan sistem kerja bebas.

Berdasarkan ungkapan Dwi dan Salam bahwa mereka berdua menjadi tukang bangunan di Brunei Darussalam dengan menggunakan sistem kerja bebas dan dibayar Rp200.000 hingga Rp300.000.

Lebih lanjut, keterangan tersebut diperoleh dari unggahan Channel YouTube akun tersebut yang mewawancarai kedua tukang bangunan di Brunei Darussalam.

"Saya boleh tanya minimal yang paling rendah gajinya berapa?,"

"Kalo bebas paling tinggi 20 hingga 30 atau Rp200.000-Rp300.000 dalam sehari," jawab keduanya

"Kalo company minimal 17-18, dalam sehari,"jawab keduanya.

"Dan dibangunan itu sistemnya harian, yah mas?," tanya sang YouTuber.

"Iya," jawab Dwi.

"Sistem gajinya harian ya?," tanya konten kreator.

"Iya harian," jawab keduanya.

Nah, itulah kisaran capaian nominal upah yang didapatkan oleh TKI Brunei Darussalam asal Tulung Agung Indonesia yaitu sebesar Rp300.000 untuk pekerja lepas.***

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads