Sangat digemari di seluruh dunia, ini dia biji kopi Starbucks asal Indonesia yang wajib kamu coba


Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu negara penghasil dan pengekspor kopi terbesar di dunia, baik itu kopi arabika maupun robusta.

Kondisi geografis yang ideal mendukung pohon kopi untuk bisa menghasilkan biji kopi yang berkualitas di hampir seluruh pulau di Indonesia, mulai dari Sumatera hingga Papua.

Hal tersebut membuat biji kopi asal Indonesia sangat digemari di seluruh dunia, bahkan menjadi andalan bagi perusahaan kopi besar dunia, yaitu Starbucks.

Biji kopi yang menjadi andalan Starbucks di seluruh dunia tersebut adalah biji kopi yang berasal dari Pulau Sumatera.

Di Pulau Sumatra terdapat banyak sekali jenis biji kopi, antara lain Kopi Aceh Gayo, Mandailing, Lintong, Sidikalang, Kerinci, Lampung dan masih banyak lagi.

Dilansir Hops.ID dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Kopi Sumatra terkenal di dunia sebagai kopi yang memiliki tingkat keasaman yang rendah dan memiliki aroma yang kuat.

Kopi Sumatra juga dinilai memiliki karakter yang paling seimbang dan cocok apabila dicampur dengan bahan lainnya seperti susu dan gula.

Hal tersebut membuat Kopi Sumatra sangat digemari di Indonesia, bahkan menjadi favorit bagi banyak sekali konsumen Starbucks di dunia.

Dilansir Hops.ID dari situs UKMIndonesia.ID, Anthony Cottan sebagai CEO Starbucks Indonesia pernah menyatakan bahwa biji kopi Sumatra merupakan biji kopi paling digemari oleh konsumen Starbucks di seluruh dunia.

Mayoritas biji kopi Sumatra berasal dari Mandailing, Sumatera Utara. Kopi Mandailing dinamai sesuai dengan nama suku yang membudidayakan jenis kopi ini, yaitu Suku Mandailing.

Kopi ini dihasilkan dari pohon-pohon kopi di perkebunan daerah Bukit Barisan, yang terletak pada ketinggian 800 hingga 1.500 meter di atas permukaan laut.

Lokasi geografis yang ideal memengaruhi tanah, suhu dan intensitas cahaya matahari yang diterima pohon kopi, dan hal-hal tersebut membuat biji kopi yang dihasilkan menjadi sangat spesial.

Selain itu, proses pengolahan kopi ini juga sangatlah khas. Kopi Mandailing diolah dengan metode semi-washed atau basah kering.

Dimana biji kopi yang telah dipisahkan dari buahnya dicuci, kemudian difermentasikan selama beberapa jam. Setelah itu, baru biji kopi dijemur di bawah sinar matahari.

Kualitas dan keunikan yang dimiliki membuat Kopi Sumatra masih menjadi andalan bagi Starbucks yang sulit ditiru oleh kopi lainnya di seluruh dunia.

Selain Kopi Mandailing, beberapa Kopi Sumatra lainnya yang juga sangat digemari dan wajib kamu coba, antara lain Kopi Gayo, Kopi Lintong, dan Kopi Kerinci.***

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Middle Ads 2

Bottom Ads